Minggu, 19 Juli 2020

4 Tujuan Utama Diadakan Kerjasama Internasional Antar Negara

Tujuan kerjasama internasional salah satunya adalah untuk meningkatkan hubungan persahabatan yang terjalin antar negara. Perlu diketahui, pengertian kerjasama internasional sendiri adalah suatu bentuk hubungan yang dilakukan oleh negara satu dengan yang lainnya.

Pada umumnya, kerjasama internasional ini dilakukan dalam bidang sosial, politik, kebudayaan, pertahanaan keamanan serta ekonomi. Kerjasama antar negara biasa berpedoman kepada politik luar negeri dalam negara itu sendiri.
4 Tujuan Utama Diadakan Kerjasama Internasional Antar Negara
Kerjasama internasional ini dapat terjadi di antara dua negara yang biasa dikenal dengan bilateral, akan disebut mulitirateral apabila dilakukan hubungan dengan beberapa negara. ASEAN merupakan salah satu contoh yaitu wadah kerjasama di wilayah Asia Tenggara yang melakukan kerjasama dengan seluruh negara (kerjasama internasional), kerjasama ini dilakukan dengan tak memandang batasan wilayah dan tentu memiliki tujuan. Berikut adalah tujuan kerjasama internasional beserta manfaat serta dampaknya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tingkatkan Hubungan Persahabatan Antar Negara

Tujuan kerjasama internasional yang pertama adalah dapat meningkatkan hubungan persahabatan agar terjalin pada antar negara. Diketahui, setiap negara memiliki hubungan antar sesamanya, untuk menghindari konflik yang terjadi pun mereka melakukan sebuah kerjasama internasional.

Adanya kerjasama internasional yang terjalin maka akan dapat mempererat hubungan antar negara. Hal tersebut lantaran negara satu dengan negara lainnya dapat saling mencukupi kebutuhan dan membantu jika pada suatu saat salah satu dari mereka membutuhkan bantuan.

Menjaga Perdamaian dan Keamanan Dunia

Tujuan kerjasama internasional selanjutnya adalah menjaga perdamaian dan kemanan dunia. Mengingat perang yang sempat terjadi pada masa lalu mampu mengacaukan dunia dalam segala aspek dan berbagai bidang yang dimiliki tiap negara.

Maka dilakukan kerjasama internasional ini akan bertujuan agar semua negara di seluruh dunia dapat mencapai perdamaian. Sehingga membuat dunia terbebas dari terjadinya perang di masa mendatang yang akan sangat amat merugikan.

Tingkatkan Kemajuan dalam Berbagai Bidang

Dapat meningkatkan kemajuan dalam berbagai bidang merupakan tujuan kerjasama internasional berikutnya. Adanya kerjasama internasional yang dilakukan diharapkan dapat memajukan seluruh negara yang ada di dunia.

Diharapkan dengan adanya kerjasama internasional ini, negara di dunia akan maju secara merata dalam berbagai bidang. Tentunya dengan melakukan kerjasama internasional di bidang teknologi, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi.

Melengkapi Kebutuhan Negara

Tujuan kerjasama internasional lainnya adalah guna melengkapi kebutuhan negara. Seperti diketahui, tiap negara mempunyai iklim serta keadaan alamnya yang berbeda-beda. Hal ini termasuk kondisi geografisnya pula yang akan mengakibatkan kebutuhan pada setiap negara juga berbeda.

Indonesia sebagai negara agraris misalnya, yang tentu akan memiliki cadangan beras lebih banyak jika dibandingkan dengan negara industri lantaran mereka memiliki lahan pertanian lebih sedikit. Nah dengan adanya kondisi seperti itulah yang membuat kerjasama internasional antar negara perlu dilakukan guna mencukupi dan melengkapi kebutuhan negara masing-masing.

Manfaat

Selain memiliki tujuan, kerjasama internasional yang dilakukan oleh antar negara juga akan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang. Berikut adalah manfaat kerjasama internasional yang akan di dapat oleh negara:

- Bidang Ideologi
Memunculkan rasa untuk saling menghormati meskipun tetap memiliki perbedaan pada bagian landasan ataupun falsafahnya.

- Bidang politik
Di dalam politik kerjasama internasional akan membuat negara untuk bersama-sama saling berorientasi pada kepentingan nasional masing-masing.

- Bidang ekonomi
Kerjasama internasional yang terjalin akan membuat negara saling menguntungkan untuk meningkatkan kesejahteran melalui proses ekspor dan juga impor.

- Bidang sosial budaya
Dapat membuat antar negara menjadi saling melengkapi. Akan tetapi tetap berpedoman pada kepribadian yang sudah dimiliki oleh masing-masing negara.

- Bidang pertahanan & keamanan
Dapat melakukan pelatihan militer bersama guna meningkatkan kualitas keamanan serta pertahanan suatu negara.

- Bidang pendidikan
Dapat dilakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menimba ilmu sehingga pada nantinya akan membawa dampak positif bagi negara.

Prinsip

1. Tidak mencampuri adanya urusan pribadi dari negara lain.

2. Guna mewujudkan tatanan dunia baru dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

3. Berlandaskan politik luar negeri bebas aktif.

4. Saling menguntungkan.

5. Ditujukan untuk kepentingan nasional.

Itu tadi merupakan ulasan tentang tujuan kerjasama internasional antar negara beserta dengan manfaatnya untuk bangsa. Selain itu, juga sudah dibahas pengertian dari kerjasama internasional itu sendiri. Semoga informasi yang telah disajikan dapat membantu Anda untuk menambah wawasan.