Canon EOS M10: Kamera Mirrorless Masa Kini

Di era digital sekarang ini, orang-orang semakin tertarik untuk mengabadikan setiap momen-momen penting yang terjadi. Canon EOS M10 hadir untuk menjadi solusi bagi para pecinta fotografi, baik digunakan untuk hal serius maupun untuk traveling dan vlog.

Sejarah Perjalanan Canon

Canon sebuah perusahaan laboratorium peralatan optik presisi yang didirikan pada 10 Agustus 1993 di Tokyo, Jepang. Mengawali perjalanannya dengan tujuan mengadakan suatu riset pada pengembangan teknologi kamera berkualitas.

Canon merupakan produsen produk – produk imaging seperti, kamera digital, film, SLR hingga printer, scanner dan lainnya. Pada tahun 1934 canon meluncurkan kamera pertamanya yang dinamakan kwanon, dimana di tahun berikutnya diubah menjadi Canon.

Canon mulai mendistribusikan kamera pada tahun 1984 diawali dengan RC – 701, lalu susul Powershot dan IXUS. Terhitung di tanggal 1 Februari 2016, canon resmi mendaratkan produk unggulannya yaitu kamera mirrorless di Indonesia, yaitu Canon EOS M10.

Mengenal Canon EOS M10

Canon EOS M10 merupakan kamera mirrorless interchangeable lens digital. Produk ini diluncurkan pertama kali pada 13 Oktober 2015. EOS M10 ialah model level pemula dengan lensa yang dapat ditukar menggunakan dudukan lens EF – M Canon.

EOS M10 didesain dengan tidak memiliki pegangan karet besar, beberapa button control, serta hot shoe flash seperti Canon EOS M3. Kamera ini sudah menggunakan sensor APS-C 18 Megapixel sama seperti EOS M2. Namun mirrorless satu ini tidak dipasarkan di Amerika Serikat.

Canon EOS M10 dilengkapi dengan system automatic focus Hybrid CMOS AF II. Namun demikian walaupun banyak adopsi dari seri M2, EOS M10 memiliki fitur prosesor gambar DIGIC 6, dimana tidak terdapat pada EOS M2.

Apa saja Kelebihan EOS M10?

Canon EOS M10

Canon EOS M10 memiliki keunggulan pada penggunaan sensor yang besar yaitu CMOS APS-C untuk memberikan hasil foto yang indah. Dengan fungsi serta tombol sederhana sehingga kamera ini bisa digunakan oleh siapa saja.

Memiliki body yang solid serta ergonomis meskipun tanpa menggunakan grip seperti yang ada pada canon EOS M3. Bahkan, sudah tersedianya Wifi dan NFC, sebuah teknologi yang memudahkan para penggunanya untuk mentransfer video dan gambar dengan cepat.

Selain itu, juga sudah menggunakan touchscreen yang sensitif, akurasi bidikan dengan respon yang cepat, penggunaan format full HD pada mode perekaman video. Alhasil bisa bersaing dalam hal kualitas yang dihasilkan serta harganya cukup terjangkau.

Kekurangan EOS M10

Kamera ini memiliki kekurangan pada lambatnya autofocus. Tapi itu bukanlah hal yang cukup serius, karena yang terpenting ialah lensa dari EOS M10 bisa diganti – ganti. Tidak memiliki jendela bidik atau viewfinder beserta tombol dan kontrol terlalu standar.

Memiliki durasi startup yang lambat, belum tersedianya perekaman video 4K yang mengakibatkan tidak bisa dipakai untuk kebutuhan rekaman video profesional atau yang membutuhkan resolusi sangat tinggi serta daya tahan baterai medioker/kurang bagus.

Selain itu, canon M10 belum mendukung video 60fps (frame per second), sehingga kurang memadai dalam hal smooth slow motion pada perekaman video. Lalu, burst shoot atau continuous shoot masih sangat lambat, akibatnya tidak bisa mengambil sejumlah gambar dengan cepat.

Kegunaan Kamera Canon EOS M10

Walaupun skala ukuran terbilang kecil, kamera yang satu cukup lengkap mengenai fungsi-fungsinya seperti menghasilkan foto berkualitas baik serta kinerja yang cukup handal. Kesederhanaan fitur-fiturnya membuatnya sangat cocok sebagai pilihan kamera untuk pemula.

Kamera canon EOS M10 sudah mencukupi dalam penggunaan sehari-hari. Kamera ini sangat pas untuk orang yang suka traveling, selfie dan lainnya. Bahkan sangat direkomendasikan sebagai pilihan untuk Anda yang ingin menjadi vlogger.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu kamera mirrorless unggulan, yaitu canon EOS M10. Mulai dari perjalanan singkatnya hingga kegunaannya..